Annual International Confrence on Islamic Economic and Social Science

Published by febi on

Foto Bersama Narasumber Bapak Rifki Ismal, Ph.D

Padang, Sabtu (16/11/19). Annual International Confrence on Islamics Economics and Social Sciences (AICIELS) yang kedua dilaksanakan di Kota Padang, Sumatera Barat. Kegiatan kali ini mengangkat tema “The Oppurtinity of Islamic Economic and Business in Industry 4.0”. Acara ini dihadiri oleh semua Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang ada di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (AFEBIS). Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, Dr. Darwis Harahap, S.HI., M.Si turut hadir dalam acara ini. AICIELS merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya melalui gagasan dari AFEBIS. Acara ini merupakan seminar ilmiah dengan mengundang narasumber dari negara tetangga dan juga praktisi Bank Indonesia.

Selain menjadi ajang silaturahmi antar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, acara ini juga sebagai sarana publikasi jurnal ilmiah yang berasal dari berbagai penulis di perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Bapak Dr. Darwis Harahap, S.HI., M.Si selaku salah satu anggota dalam AFEBIS turut aktif dalam melakukan diskusi dan kajian terkait pengembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Beliau memberi masukan terkait dengan banyaknya ragam dan jenis jurusan yang ada di FEBI. “Sebaiknya semua jurusan yang ada agar dibuat lebih umum, sehingga memudahkan mahasiswa lulusan FEBI untuk melamar pekerjaan di kemudian harian, sambung beliau”. Hal ini direspon baik oleh forum AFEBIS, sebab faktanya jurusan-jurusan yang terdapat di FEBI sangat beragam, sementara matakuliah di antara jurusan tersebut banyak terdapat kemiripan.

Sementara itu, Bapak Rifki Ismal, Ph.D selaku Narasumber pada acara Annual International Confrence on Islamics Economics and Social Sciences (AICIELS) menyampaikan segala lini yang berperan dalam pengembangan keuangan syariah harus aktif memberikan edukasi kepada masyarakat. Ekonomi syariah tidak hanya membahas tentang Perbankan Syariah sebagaimana yang dipahami masyarakat saat ini. Banyak aspek yang terdapat dalam ekonomi syariah yang harus diketahui masyarakat, diantaranya, Sukuk, Saham Syariah, Leasing Syariah, Payment Syariah, dan lain sebagainya. AICIELS yang kedua pada tahun ini, diakhiri dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antar Fakultas Ekonomi dan Islam yang diwakili oleh Dekan masing-masing fakultas, tidak terkecuali Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsdimpuan.

Categories: Akademik

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *