Bank Indonesia Gelar Kuliah Umum Di IAIN Padangsidimpuan

Published by febi on

Dok. Humas FEBI : Foto bersama dengan Pimpinan BI Sibolga Ibu Suti Masniari didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Darwis Dasopang, MAg beserta unsur pimpinan civitas akademika IAIN Padangsidimpuan

Selasa (11/03/2020) Padangsidimpuan-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga gelar kuliah umum bagi mahasiswa IAIN Padangsidimpuan di Auditorium pada tanggal 10 Maret 2020. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sibolga Ibu Suti Masniari Nasution yang langsung menjadi narasumber pada kuliah umum kali ini.

Kuliah umum ini dipandu oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Darwis Harahap, MSi. Dalam sesi kuliah umum Ibu Suti Masniari memaparkan mengenai fungsi dan tugas pokok Bank Indonesia, Stabilitas Moneter, Stabilitas Sistem Keuangan, dan sistem Pembayaran melalui sistem Quick Response Indonesia Standart (QRIS) serta isu dunia terkini, yaitu Covid-19 yang member dampak terhadap perekonomian global termasuk Indonesia.

Beliau melanjutkan, perekonomian dunia saat ini berpotensi mengalami resesi ekonomi global akibat virus corona. Hal ini tentunya menjadi perhatian pemerintah termasuk BI. BI sebagai otoritas moneter berupaya agar dampak virus corona ini tidak menjadi hambatan dalam upaya BI meningkatkan perekonomian yaitu dengan cara mencari solusi sesuai dengan kebutuhan ekonomi masyarakat saat ini, ungkap ibu Suti sapaan akrabnya.

Kepala Kantor BI Sibolga ini juga memperkenalkan transaksi non tunai menggunakan QRIS. Saat ini BI sudah mulai gencar melakukan sosialisasi QRIS hampir disemua lapisan masyarakat. Transaksi non tunai  menggunakan aplikasi dompet digital (e-Wallet) telah menjadi tren di masyarakat, terutama generasi milenial. Awalnya transaksi non tunai ini dilakukan oleh beberapa perusahaan jasa sistem pembayaran menggunakan aplikasi Wallet seperti LinkAja, GO-PAY, DOKU dan lain sebagainya. Selama ini, masing-masing penyelenggara sistem pembayaran tersebut hanya memiliki satu QR sendiri. Namun saat ini implementasi QRIS satu barcode  dipergunakan untuk berbagai jenis jasa sistem pembayaran melalui dompet digital. Papar suti.

Kuliah umum ini dihadiri para Dekan dan unsur pimpinan civitas akademika IAIN Padangsidimpuan, dan mahasiswa yang tergabung komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia) angkatan kedua. Kuliah umum ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan pengembangan lembaga Dr. H. Darwis Dasopang, MAg, Pada kesempatan tersebut beliau mengucapkan terimakasih kepada pimpinan BI Sibolga yang telah memberikan support ke IAIN Padangsidimpuan dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa kami dan tidak hanya sampai disitu BI juga selalu memberikan edukasi dan harapan kami kerjasama ini terus berlanjut untuk di masa yang akan datang, ungkap beliau.

Foto bersama dengan narasumber diikuti seluruh civitas akademika IAIN Padangsidimpuan

 

 

Categories: Akademik

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *