Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan Gelar Workshop Penguatan Kompetensi Mahasiswa

Published by febi on

Narasumber dan Peserta Workshop Penguatan Kompetensi Mahasiswa

Rabu, 16 September 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan menggelar acara Workshop Penguatan Kompetensi Mahasiswa dengan tema “Arah dan Kebijakan Penguatan Kurikulum Berbasis KKNI”. Acara ini diikuti oleh peserta yaitu: Unsur pimpinan dan Ketua-ketua Lembaga, Direktur Pascasarjana, Dosen, Pegawai dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang berada di lingkungan sivitas akademika IAIN Padangsidimpuan selalu daring melalui ZOOM Meeting.

Acara tersebut dimulai pada 09.45 WIB, dimana diawali dengan laporan Ketua Panitia sekaligus pemberian sambutan dari Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si. Lalu dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan, Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL.

Pada kesempatan tersebut, narasumber yang sengaja diundang, Dr. Mamat S. Burhanudin, M.Ag, Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, memaparkan materi terkait “Kampus Merdeka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”.

Dr. H. Mamat S. Burhanudin, M.Ag memberikan materi terkait “Kampus Merdeka di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam”

Beliau berpesan, kaprodi harus berkoordinasi dengan semua pihak di IAIN Padangsidimpuan dalam menyusun kurikulum berbasis KKNI yang harus disesuaikan dengan konsep Kampus Merdeka, sesuai arahan dari Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Beliau juga menyampaikan bahwa DIKTIS terus berupaya menyusun berbagai kebijakan termasuk panduan pengembangan kurikulum pada PTKI sehingga mampu mencapai visi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam yaitu: Menjadikan pendidikan tinggi Islam Indonesia menjadi rujukan pendidikan tinggi Islam dunia.

Alhamdulillah, prodi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam seperti Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah memang unggul dimana jumlah keduanya tertinggi di PTKI. Artinya, hingga saat ini kedua prodi tersebut masih mampu memenangkan hati masyarakat. Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam harus mampu meningkatkan kualitas lulusannya dengan pengembangan kurikulum yang baik.

Workshop Penguatan Kompetensi Mahasiswa dengan tema “Arah dan Kebijakan Penguatan Kurikulum Berbasis KKNI” ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.Ag, yang menyampaikan bahwa besar harapan kita bersama ke depan, IAIN Padangsidimpuan semakin berkembang, menuju transformasi IAIN menjadi UIN dengan dukungan berbagai pihak di Kementerian Agama juga kita semua sivitas akademika IAIN Padangsidimpuan.

Bravo FEBI, Bravo IAIN Padangsidimpuan, kampus tercinta “cerdas berintegritas”.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *