Workshop Pembelajaran Dosen “Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dosen”

Published by febi on

Dok. Humas FEBI. Dekan FEBI Dr. Darwis Harahap, MSi memberikan kata sambutan sekaligus pembukaan workshop pembelajaran melalui video conference

Padangsidimpuan, Jumat, 14 Agustus 2020. Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran bagi Dosen dan sekaligus persiapan menyambut tahun ajaran 2020/2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  IAIN Padangsidimpuan melaksanakan  workshop pembelajaran bagi dosen, yang dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 12 s.d 13 Agustus 2020. Workshop ini dilakukan melalui video conference, dengan menggangkat tema “Penerapan Blended Learning Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dosen”. Materi workshop disampaikan oleh Prof.  Herman Dwi Surjono, M.Sc., MT., Ph.D dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Murniati Mukhlishin, M.Acc. bersama tim dari Institut Agama Islam Tazkia.

Workshop ini dipandu oleh Rodame Monitorir Napitupulu, MM dan dibuka langsung oleh Dekan FEBI Dr. Darwis Harahap, MSi. Dalam kata sambutannya dekan mengharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan nantinya mendapatkan metode yang tepat untk meningkatkan pembelajaran ke depan. Masih dalam sambatunannya workshop bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas belajar mengajar dan meningkatkan kemampuan dalam mengkombinasikan antara pembelajaran during dan luring sehingga menghasilkan metode yang tepat, khususnya  pada saat sekarang ini pada masa pandemi covid 19.

Pada hari pertama Prof. Herman menyampaikan pentingnya metode pembelajaran yang tepat dan membuat multimedia pembelajaran yang sesuai yang dibutuhkan pada kondisi pandemi. Beliau memaparkan dan menjelaskan teknologi digital, kompetensi literasi digital, konten pembelajaran, elemen multimedia, alat produksi multimedia, langkah produksi dan prinsip multimedia.

Pada hari berikutnya Dr. Murniati dan team juga memaparkan metode pembelajaran menggunakan multimedia dan sekaligus memperaktekkannnya kepada seluruh peserta yang berhadir melalui virtual.  Pada sesi berikutnya juga team dari Tazkia juga memaparkan tentang pembuatan media belajar online melalui moodle dan games melalui create.kahoot.it, drive.google.com dan h5p.org. Dilanjutkan perapian RPS berbasis KKNI dan pembuatan video mengajar.

Workshop di hari kedua bersama Dr. Murniati Mukhlishin, M.Acc. dan tim dari Institut Agama Islam Tazkia.

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *