WORKSHOP PENULISAN BUKU AJAR

Published by febi on

Dekan FEBI Dr. Darwis Harahap, MSi memberikan kata sambutan pada workshop penulisan buku ajar.

Kamis (01/10/2020) Salah satu bentuk keseriusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan kualitas dosen, maka FEBI melaksanakan workshop penulisan buku ajar melalui video conference dengan narasumber yang berkualitas yaitu Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, MSi dari UIN Syarif Hidayatullah dan Mutia Nurul Izzati, M.Sos, Editor Prenada Group dan bersama tim Prenada yang dilaksanakan tanggal 29 s.d 30 September 2020.

Dekan FEBI Dr. Darwis Harahap, MSi dalam sambutannnya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bagi mahasiswa dengan pembuatan buku ajar oleh dosen sesuai dengan bidang keilmuannya. Dalam workshop ini dekan menargetkan tiga buku ajar yang akan segera diterbitkan melalui Penerbit Prenadamedia. Dekan juga menekankan bahwa semua peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan selanjutnya setiap dosen diharapkan segera merampungkan buku ajarnya, sehingga dosen dilingkungan FEBI memiliki buku ajar yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi mahasiswa.

Hari pertama workshop diisi oleh Mutia Nurul Izzati, MSi bersama tim dari Prenada Group yang dipandu oleh Rodame Monitorir Napitupulu, MM.  Pada kesempatan ini  dari tim prenada secara bergiliran menyampaikan meteri diantaranya terkait dengan penilaian seleksi naskah yang harus berdasarkan kriteria dan standart penerbit. Kriterianya meliputi tema, konten penulisan, tingkat keterbacaan dan potensi pasar. Dalam tahap diskusi dengan peserta mereka memberikan motivasi kepada seluruh peserta dan trik-trik dalam penulisan yang layak untuk diterbitkan.

Sedangkan pada hari kedua workshop penulisan buku ajar disampaikan oleh Prof. Arif dimana beliau menyamaikan secara panjang lebar terkait pentingnya seorang dosen untuk menulis. Beliau menyampaikan kiat-kiat bisa menulis buku diantaranya , seorang penulis harus memilih spesifikasi bidang ilmu yang dikuasainya, alokasi dana untuk membeli literatur, baca literatur secara menyeluruh, menentukan topik yang harus ditulis, lakukan survei pasar dalam memilih penerbit serta dipelajari teknis dan prosedur penulisan buku. Pada kesempatan akhir beliau menceritakan pengalaman dalam menulis dan pencapaian professor yang beliau raih pada usia yang masih sangat muda. Semoga apa yang para narasumber sampaikan mampu menginpirasi para dosen FEBI.

Workshop di hari kedua dengan narasumber Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, MSi dari UIN Syarif Hidayatullah

 

Categories: Akademik

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *