Dok. Humas Febi. Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, sedang memberikan kata sambutan dan sekaligus membuka seminar ilmiah ekonomi syariah

Padangsidimpuan, 14/09/2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, gelar seminar Ilmiah mahasiswa yang dilaksanakan pada Selasa/14 September 2021 di Auditorium   melalui vidio conference. Seminar kali ini mengangkat tema  “Strategi Membangun Kemampuan Mahasiswa Dalam Penguasaan Integrasi Ekonomi Islam” Seminar ini menghadirkan narasumber dari Universitas Sumatera Utara (USU), Ibu Weni Hawariyuni, Ph.D. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof. Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL, dan diikuti oleh seluruh unsur pimpinan Fakultas FEBI, dosen, pegawai serta mahasiswa. Pada kesempatan tersebut Rektor menyampaikan sambutannya dan beliau mengharapkan kegiatan ini memberikan penguatan keilmuan bagi mahasiswa dan tentunya mampu mengintegrasikan ilmu yang menjadi salah satu visi perguruan tinggi  Islam.

Pada kesempatan yang sama Dekan Dr. Darwis Harahap, MSi, juga menyampaikan sambutan dimana beliau juga mengharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi bagi mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, disamping itu sebagai bahan pertimbangan terkait dengan penerapan kurikulum di era digital saat ini.

Narasumber menyampaikan bahwa perkembangan lembaga keuangan syariah maupun penerapan bisnis berbasis  syariah di beberapa negara  semakin pesat sebut saja Qatar, Arab Saudi, Malaysia, Singapura. Bahkan negara yang penduduknya minoritas Muslim juga seperti Jepang,  Thailand sudah menerapkan pola bisnis syariah. Hal ini tentunya menjadi catatan bagi kita untuk lebih mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing terutama bagi mahasiswa FEBI IAIN Padangsidimpuan.

Narasumber sedang menyampaikan materi seminar ilmiah ekonomi syariah

Beliau melanjutkan diantara hal yang terpenting dipersiapkan mahasiswa sejak dini untuk menjawab perkembangan di era digital saat ini adalah perlunya penguatan ilmu dan keahlian sesuai bidang, penguatan bahasa asing, mengikuti seminar seminar dalam rangka menambah wawasan keilmuan, penulisan artikel jurnal, surat kabar, melek teknologi informasi dan sebagainya. Sementara bagi perguruan tinggi harus menyiapkan kurikulum yang bersifat aplikatif sehingga mahasiswa tidak canggung di saat mereka bekerja. Ujar Weni sapaan akrabnya. Pada kesempatan terakhir, para peserta seminar dengan semangat mengajukan  pertanyaan kepada narasumber seputar strategi dan pengembangan ekonomi Islam kedepan.